LSP Pusdiklat Migas Cepu



Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 18 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Pasal 807 Pusat Pendidikan dan Pelatihan Minyak dan Gas Bumi mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang minyak dan gas bumi.

Lingkup Pengembangan SDM di Bidang Migas meliputi :
a. Eksplorasi
b. Eksploitasi dan Produksi
c. Pengolahan Minyak dan Gas Bumi
d. Pemasaran dalam negeri
e.Petrokimia
f. Penunjang

Jenis Pendidikan dan Pelatihan dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
1. Diklat Aparatur Negara (Semua Pegawai Negeri Sipil Pusat dan Daerah)
2. Diklat Industri dan Pemerintah (Tailor made/berdasarkan permintaan pelanggan)


Tugas Pokok Pusdiklat Migas Cepu

VISI PUSDIKLAT MIGAS
Menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Minyak dan Gas Bumi yang unggul dengan mewujudkan tata kepemerintahan yang bersih, baik, transparan dan terbuka.


MISI PUSDIKLAT MIGAS
a.       Meningkatkan kapasitas aparatur negara dan Pusdiklat Migas untuk mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.
b.      Meningkatkan kompetensi tenaga kerja sub sektor migas untuk berkompetisi melalui mekanisme ekonomi pasar.
c.       Meningkatkan kemampuan perusahaan minyak dan gas bumi menjadi lebih kompetitif melalui pengembangan Sumber Daya Manusia.


Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 18 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata kerja Kementerian ESDM Pusdiklat Migas memiliki :

TUGAS POKOK :
melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang minyak dan gas bumi

FUNGSI :
a.   penyiapan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program di bidang pendidikan dan pelatihan minyak dan gas bumi;
b. pelaksanaan   pendidikan   dan  pelatihan   di bidang minyak dan gas bumi;
c. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang pendidikan dan pelatihan minyak dan gas bumi; dan
d.   pelaksanaan administrasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Minyak dan GasBumi.


Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta Uji Kompetensi Untuk  

Pemohon Baru dan Re-Sertifikasi (Naik Tingkat/Jabatan)

A.   Tata Cara Pendaftaran
       1.  Calon Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan 
            lengkap dan ditandatangani :
           a. Formulir Persyaratan Peserta (F.13.01.A)
           b. Formulir Persyaratan Unjuk Kerja Pemegang Sertifikat 
               (F.14.01.A)
           c. Formulir Pemutakhiran Pemegang Sertifikat Kompetensi 
               (F.14.02.A) bagi yang Re-Sertifikasi/Naik Tingkat.

      2.  Formulir Persyaratan Peserta (F.13.01.A) harus dilengkapi 
           dengan :
           a. Salinan (copy) ijazah yang dilegalisir.
           b. Surat pengalaman kerja yang sah, ditandatangani oleh 
               perusahaan yang menerbitkan.
           c. Surat keterangan sehat yang sah dari dokter.
           d. Pasphoto ukuran 3x4, 1 (satu) lembar, dengan latar belakang 
              (background) foto sesuai tingkatannya.


    3.   Penyerahan Formulir :
           Calon peserta menyerahkan formulir pendaftaran beserta 
           lampirannya di loket pendaftaran atau mengirimkannya melalui 
           jasa pengiriman paling lambat 1 (satu) minggu/5 (lima) hari kerja 
           sebelum uji kompetensi dilaksanakan, pada jam : 12.00 wib sudah
     diterima di loket.


     4.   Pengumuman Peserta Uji Kompetensi :
           a. 3 (tiga) hari kerja sebelum pelaksanaan uji kompetensi daftar
               calon  peserta  dan kelengkapan persyaratan diumumkan  di 
               website, untuk melakukan daftar ulang.

           b. Bagi calon peserta yang namanya tidak ada dalam daftar
               calon peserta yang disebabkan keterlambatan persyaratan, 
               akan didaftar pada periode ujian berikutnya.


      5.  Daftar ulang :
           Daftar  Ulang  dilakukan 1 (satu) hari sebelum  jadwal  ujian, 
           dengan  verifikasi  persyaratan di  loket  pendaftaran  pada 
          jam 08.00 – 09.30.


     6.  Pembayaran Biaya Uji Kompetensi :
           a. Calon peserta yang memenuhi kualifikasi akan mendapatkan
               form pembayaran.
           b. Calon peserta membayar biaya uji kompetensi sesuai tari di loket pembayaran
      7.  Nomor Ujian / Uji Kompetensi
           Bukti pembayaran diserahkan di loket pendaftaran untuk dilakukan 
           proses pemberian nomor ujian.


B.   Tata cara rekam  Biometrik  (digital foto, sidik jari dan 
      tanda tangan)
      a. Setelah ujian tulis, atau setelah ujian praktek / wawancara, 
          peserta harus melakukan rekam biometrik.
      b. Rekam boimetrik dilakukan di Ruang Rekam Biometrik.
      c. Peserta akan diatur urutannya oleh petugas.
      d. Peserta menggunakan kemeja/hem resmi berkerah.